Wednesday, September 26, 2012

Saking Kurusnya Jokowi, yang Diboncengi Motor Tak Terasa

 

Dengan postur badan menjulang tinggi, ternyata berat badan Joko Widodo (Jokowi) cuma 53 kilogram.
Bisa dibayangkan dong, betapa tak idealnya berat badan Gubernur Jakarta Terpilih ini. Rupanya, kurusnya badan Jokowi ini menyisakan banyak cerita lucu dan sering jadi bahan guyonan teman-teman dekatnya.
Salah satunya, Wakil Wali Kota Solo, Fransiskus Xaverius Hadi Rudyatmo. Ketika ditemui penulis buku "Jokowi, Spirit Bantaran Kali Anyar" di rumah dinas di Jalan Gajah Mada, Senin (20/8/2012) sore silam, Rudyatmo bertutur, mereka berdua sebenarnya punya kesamaan.
"Kami tampaknya sama, tinggal di bantaran kali dan pernah jadi korban gusuran," kata Rudy, Ketua DPC PDI Perjuangan Solo. Terkait kurusnya badan Jokowi, Rudy memiliki pengalaman unik saat berkampanye pada pemilihan wali kota Solo tahun 2005.
"Pak Jokowi pernah tertinggal, waktu kampanye pertama. Di daerah Adipito, Adingipang. Saya yang membonceng beliau pakai motor. Saya kira dia sudah naik, ternyata karena kurus, Pak Jokowi masih tertinggal tapi tidak terasa. Karena kurus, naik atau tidak, rasanya sama saja. Hahahaaa... Ternyata dia tertinggal 500 meter di belakang! " kata Rudy, terbahak.
Ketika ditanyakan mengenai perangai kerja keras Jokowi selama tujuh tahun menjabat wali kota, Rudy pun membenarkannya. "Kami 24 jam bekerja. Sering sekali, misalnya ada banjir, saya tahu duluan karena orang lapangan. Yang lain belum tahu, saya sudah kasih tahu Pak Wali. Wali segera meluncur ke lapangan, dan saya sudah di lokasi bencara, menunggu," kata laki-laki berkumis lebat ini.
Kerja keras yang mereka lakukan ini adalah sebagai perwujudan pemimpin yang datang untuk melayani, bukan dilayani. Bahkan sejak masa kampanye periode pertama, tujuh tahun silam, mereka bekerja seperti dilakukan di Jakarta. Mengunjungi dan berdialog dengan warga ke permukiman, bahkan ke tempat kumuh sekalipun.
"Kami masuk ke gang miring, gang bau, dan gang bungkuk. Di sebut gang miring bukan karena letaknya miring, tapi karena betul-betul sempit sehingga untuk masuk saja badan harus dimiringkan. Dan gang bungkuk, untuk bisa masuk harus membungkuk di antara bangunan kumuh dan bau," kenang Rudy.
Selama lima tahun pertama, Jokowi bekerja melayani warga Solo. Membuat bermacam gebrakan, memberi pendidikan dan pengobatan gratis bagi rakyat miskin, memindahkan PKL melalui diplomasi meja makan sebelum memindahkan mereka ke tempat lain, serta kegiatan lainnya.
Seturut dengan perjalanan waktu dan komunikasi yang cukup intens, Rudy menyimpulkan pribadi Jokowi sebagai orang yang low profile, tegas tanpa harus keras, tegas namun bukan kekerasan yang dikedepankan.
"Saya mau mengajak Jokowi untuk berbuat kepada masyarakyat. Dan dia memang mengatakan ingin berbuat juga, karena dia belum pernah berorganisasi dari sekolah sampai kuliah. Karena lima tahun pertama kami bekerja untuk warga Solo, maka pada pemilihan periode kedua, kami tidak ada kampanye, tapi terpilih lagi," kata Rudy, politisi kawakan yang sudah 36 tahun bergabung PDIP, sebelumnya bernama PDI.

DAFTAR ISI  BUKU "JOKOWI, SPIRIT BANTARAN KALI ANYAR"
SWEET MEMORIES
Ada apa dengan Kali Anyar? Mengapa Jokowi terinpirasi Bantaran kali? halaman  ...4
Siapa Dukun Jokowi?     halaman ..xxiii
Sekarang Berat Badanku Tinggal 53 Kilo    ..i
41 Tahun Rahasiakan Ilmu Mencari Telur Bebek    ..3
 Klumprak-klumpruk Pada Awal Berbisnis             ..49
Sakit Tipus karena Gagal Masuk SMA Favorit    ..43
TESTIMONI
Jokowi Sering Hadiahi Mbah Hardjo (Pengasuh Semasa Kecil) .4
Membonceng Tetangga Naik Sepeda(Toleran Sejak Kecil)    .23
Suliadi Suka Belikan Nasi Kucing    .85
Megawati Sempat Ragu Badan Kurus Jokowi    .89
Pengawal Kecopetan Ketika Bagi-bagikan Beras ..xxiii
Kelihatan Bodoh Padahal Pintar    .31
Tenggelam karena Pendiam    .39
KELUARGA
Ramuan Khusus Istri Membuat Kuat   .77
Setahu Saya Pacarnya Cuma Satu    .79
Ibunda Rajin Salat Tahajud Doakan Jokowi    .13
Biarkan Anak Dirikan Rintis Usahaan .73
Anakku Akan Jadi Pemimpin Besar    .67
Tangan Jokowi Luka Tercakar Kuku    .14
Setahuku Pacarnya Cuma Satu    .79
MANAJEMEN & KEPEMIMPINAN
Piawai Mainkan Diplomasi Makan Siang Gratis    .57
Bawakan TV untuk Nonton Tyson-Holmes    .59
Tidak Gentar Copot Pejabat (Copoti Lurah Nakal)    .69
Kecoh Pengawal, Lebih Rileks Tanpa Voorijder    .139
 7 Tahun Tidak Pernah Ambil Gaji Lebih 1/2 M    130




sumber :http://www.tribunnews.com/2012/09/21/saking-kurusnya-jokowi-yang-diboncengi-motor-tak-terasa

No comments:

Post a Comment